Unit Kegiatan Mahasiswa GAMADIKSI USU

1 TAHUN GAMADIKSI – SEBUAH CERITA MASA DEPAN

“Saat kau merasa sendiri, Tuhan hadirkan teman disisimu”

2010, itu adalah tahun pertama aku menduduki bangku kuliah. Sendiri di daerah yang seharusnya menjadi kampung halamanku. Ya, merantau adalah pilihan hidupku sejak SMP. Jauh dari orang tua, jauh dari adik – adik, jauh dari teman – teman sepermainan. Aku hanya ingin hidup mandiri.

Waduh, macem novel aja mukadimahnya. Oke, biar gak terlalu lebay, kita langsung to the point aja deh.  
17 Desember 2011 – 17 Desember 2012, gak nyangka ya GAMADIKSI udah terbentuk selama satu tahun. Ada banyak cerita yang menghiasi perjalanannya hingga sampai saat ini ia telah menghiasi kehidupan para mahasiswa BIDIK MISI USU, dari yang angkatan 2010, 2011 bahkan angkatan baru yaitu 2012.

Sejarah
“Kalau masyarakat melupakan sejarah negaranya. Maka akan musnahlah negara tersebut”. Ini adalah sebuah kalimat yang kudapat dari sebuah buku sejarah yang pernah kubaca. Yup, sejarah. Sejarah seprti sebuah dokumentasi alam pikiran dan nyata. Ia seperti sebuah pohon, yang akan gugur apabila tidak dirawat. Makanya kebanyakan sejarah itu ditulis. Nah, ngomong – ngomong sejarah GAMADIKSI nih, Hmm, jadi dulunya ada sebuah forum pertemuan pada saat semester dua. Yang menghadiri forum tersebut itu adalah para mahasiswa BIDIK MISI angkatan pertama yang memiliki IP diatas 3.5 (hebat kan). Dari sana pihak BIREK merencakan untuk membentuk sebuah forum untuk menghandle mahasiswa BIDIK MISI di seluruh lingkungan USU. Jadi dipilihlah BPH dan para koordinator fakultas. Ada Rahmad Ramadhan (FH 2010) yang saat itu ditunjuk sebagai ketua. Muhammad Arif sebagai sekretaris (FT 10) dan Riri Amaliah (Fpsi 10) sebagai bendahara. Jadi ingat dulu pernah keliling ama Dicky Arya Dharma buat nyari info tentang forum BIDIK MISI USU yang terbentuk. Setelah sekitar 2 mingguan kalo gak salah, di adakanlah sebuah pertemuan. Kala itu tempatnya di Aula LPPM USU. Saat itu para peserta yang datang penasaran ama ketua yang terpilih. Ya, disanalah aku bertemu Rahmad. Ia sangat cupu saat itu, hehe. Beberapa kali peserta rapat banyak protes tentang karakternya. Rahmad itu dulu benar – benar sangat polos. Bayangkan perasaan seseorang yang belum pernah ikut organisasi tiba-tiba ditunjuk sebagai ketua, pastinya tidak bisa dibayangkan. Akhirnya forum pun berlanjut. Awalnya membahas tentang organisasi yang bakal dibentuk, namun ujung – ujungnya para peserta beralih agenda menjadi membahas masalah pencairan dana beasiswa yang terlambat dan gak jelas. Ya, saat itu sekitar 99% mahasiswa  BIDIK MISI pada gak ngerti berapa sih harusnya uang yang mereka dapat. Apa orang Universitas membohongi mereka, atau apalah itu. Dan forum pun berakhir dengan tidak jadinya organisasi dibentuk.
Semester dua pun berjalan terus, sampai akhirnya di penghujung pertemuan membahas organisasi kembali diadakan. Namun hasil yang didapat masih sama saja, protes kepemimpinan Rahmad, organisasi yang gak jelas, info yang gak jelas, ama masalah dana beasiswa kapan cair -_-.
Masuk Semester 3, saat itu adalah evaluasi ke 2 yang diadakan DIKTI. Adek – adek 2011 dah pada masuk. Tentunya jumlah anggota semakin banyak. Ya, dengan mengumpulkan beberapa orang yang memliki visi yang sama untuk membentuk organisasi BIDIK MISI USU, akhirnya terbentuk HIMABISI USU alias Himpunan Mahasiswa BIDIK MISI USU. Wah, saya langsung ikutan saat itu. Apalagi ada open recruitment buat pengurus-pengurusnya. Kalau gak salah dulu masuk di Divisi Seni dan Budaya J. Tetapi setelah itu, HIMABISI vakum selama beberapa bulan. Di ujung semester 3, akhirnya di approve juga buat masuk grup facebook “BIDIK MISI 2010”, setelah 6 bulan menanti. Tetapi tidak seperti dugaan, ternyata isi grup semuanya berantem membahas kapan cair, demo BIREK, datangi PR 3. Ya, pokoknya kacau deh. Sampai akhirnya saya nemu postingan tentang open recruitment baru untuk organisasi BIDIK MISI. Sempat mikir, jadi yang dulu pernah terpilih jadi pengurus harus ikut open recruitment lagi. Tapi ya sudahlah. Akhirnya saya inbox yang punya postingan, saat itu yang punya Azizah Mei (Fasilkom 10). Di balas dan disuruh datang buat rapat keesokan harinya.

Akhirnya dah lama gak ketemu Rahmad, eh ketemu lagi dengan beberapa wajah baru. Ada Riri, Azizah, Zailani, Dicky, Rahmad dan beberapa orang yang saya lupa nama dan mukanya (maaf ya kawan :P ).
Debat panjang, dan didapatlah keputusan untuk  membentuk organisasi Keluarga Mahasiswa BIDIK MISI USU alias GAMADIKSI USU. Masih ingat, kira – kira ada sekitar 3 hari buat mempersiapkan GAMADIKSI USU, dari AD/ART dan pengurusan. Saat itu pas open recruitment jadi yang wawancara para calon pengurus. Padahal sama-sama calon pengurus juga :P . Bahkan di panggil abang, padahal sama – sama 2010 (kacau nih.. hehe).
Setelah itu kepengurusan disusun. Saat itu saya di tempatkan di Divisi Komunikasi dan Informasi sebagai Sekretaris Bidang dan Azizah sebagai koordinatornya. 
Divisi yang terbentuk saat itu :
Divisi Keuangan
-Ketua : Fikri Ilmi (FE 10), Sekretaris : Blisa Novertasari (FKG 10)
Div. Keagamaan
-Ketua : Zailani Ray (FMIPA 10), Sekretaris : Entywe H (FKM 10)
Div. Keanggotaan
-Ketua : Adi Manalu (FT 10), Sekretaris : Widya Oktalisa
Div. Pendidikan
-Ketua : Novri (FT 10), Sekretaris : Sri Rezeki H (FKM 10)
Div. Seni dan Budaya
-Ketua : Syaravina Lubis (FH 10), Sekretaris : Ratih Paramita Setyorini
Div. Pemuda dan Olahraga
-Ketua : Zainuddin (FE 10), Sekretaris : Putri (Fpsi 10) dan Bima (FE 10)
Div. Komunikasi dan Informasi
-Ketua : Azizah Mei Sari (Fasilkom 10), sekretaris : Reza Syahputra (FT 10)

Dan dengan BPH :
Ketua Umum : Rahmad Ramadhan (FH 10)
Sekretaris umum : M. Arif Nugraha (FT 10)
Wakil Sekretaris : Dicky Arya (FT 10)
Bendahara : Riri Amaliah (Fpsi 10)

Dan pada hari Sabtu, 17 Desember 2011 Para pengurus pertama GAMADIKSI USU pun dilantik. Saat itu dihadiri beberapa anggota, Bapak Sunyoto, SH, Pak Agus Salim, dan Bapak PR3 Eddy Marlianto. Para pengurus pun disumpah untuk tanggung jawab mereka selama satu tahun kedepan. Dan akhirnya GAMADIKSI USU diresmikan sebagai organisasi penyatu mahasiswa BIDIK MISI USU. Ni fotonya teman – teman :

Dan keesokan harinya, dibuatlah Raker untuk membahas apa saja yang bakal dibuat oleh tiap divisi untuk kemajuan GAMADIKSI berikutnya.

Besok kita bahas kegiatan apa aja yang dah dibikin di GAMADIKSI USU   


EmoticonEmoticon