Unit Kegiatan Mahasiswa GAMADIKSI USU

Samsul Arifin Wakil Kabupaten Langkat Sebagai Finalis Duta Maritim Indonesia 2023

 


        Mahasiswa UKM Gamadiksi Asal Universitas Sumatera Utara Lolos Jadi Finalis Duta Maritim Indonesia Tahun 2023.

Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) menggelar Lomba Duta Maritim Indonesia (DMI) dan Karantina Sekolah Duta Maritim (SDM). Sekolah Duta Maritim Angkatan ke 3 ini memiliki tema "Maritim terus Melaju, Untuk Indonesia Maju". Kegiatan ini memiliki tujuan guna menyatukan visi dan misi generasi muda Indonesia dalam menjaga dan membangun kemaritiman yang bermartabat di Indonesia. Acara ini Sekaligus memperingati Hari ulang Tahun (HUT) ke-6 Aspeksindo.

Telah Terpilih sebanyak 100 orang finalis dari 38 provinsi se-Indonesia. Duta Maritim Indonesia-DMI tahun 2023 setelah melalui seleksi ketat selama 3 bulan yang dimulai dari proses pendaftaran, syarat fisik, wawancara serta webinar yang diikuti ratusan pendaftar seluruh Indonesia.

Salah satu peserta terpilih mewakili kabupaten Langkat dari Provinsi Sumatera Utara, yakni Samsul Arifin atau biasa disapa Abang Arif yang merupakan Putra Daerah asal Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Arif juga merupakan Alumni SMA Negeri 1 Stabat dan saat ini kuliah di jurusan Sastra Melayu di Universitas Sumatera Utara (USU) lolos sebagai finalis Duta Maritim tahun 2023.

Sejak terpilih menjadi salah satu finalis Duta Maritim Indonesia 2023, Arif secara resmi mengikuti pendidikan, pelantikan dan rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) yang dipusatkan di Kantor  DPR-RI Jakarta. Puncak ajang pemilihan Duta Maritim Indonesia 2023 rencananya akan digelar di Jakarta pada 16 Agustus 2023.

Tentu menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Arifin sehingga bisa mencapai tahapan ini, serta ungkapan terima kasih kepada Aspeksindo sebagai penyelenggara event Duta Maritim Indonesia 2023. Di mana melalui event ini, perwakilan generasi muda seluruh Indonesia bisa berkumpul untuk semakin mengenal lebih dalam tentang kemaritiman Indonesia yang mana selanjutnya akan membangun dan memajukan kemaritiman Indoensia menuju ke arah yang lebih baik.

Dalam wawancara pada Selasa, 8 Agustus 2023 Arifin mengungkap “Di moment yang membanggakan ini, tentu tak lupa saya haturkan rasa syukur kehadirat Allah SWT dan ucapan terima kasih yang tulus kepada kedua orangtua tercinta serta dukungan dan support dari UKM Gamadiksi dan Kampus USU tercinta”

Arifin  pun berterima kasih kepada semua pihak yang terlah memberikan doa dan dukungan selama ini. “Semoga saya bisa kembali memberikan yang terbaik dan dapat mengembangkan daerah saya sendiri nantinya serta mengharumkan nama Kampus tercinta” harap Arifin.


Penulis : Zahra Zaina Rusty – Ilmu Komunikasi 2022 – Divisi Komunikasi dan Informasi.



EmoticonEmoticon