Unit Kegiatan Mahasiswa GAMADIKSI USU

Perubahan Jadwal Peserta UTBK Harap Tenang

Perubahan Jadwal

Peserta UTBK Harap Tenang


“UTBK 2020 penuh drama” begitulah ungkapan kekecewaan yang disematkan dari pejuang PTN tahun ini terutama bagi mereka yang akan mengikuti seleksi UTBK- SBMPTN 2020. Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan pelaksanaan UTBK dilakukan dengan beberapa penyesuaian. Diantaranya pengunduran pendaftaran dan pelaksanaan, serta UTBK yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Menjelang tes, LTMPT menginformasikan perubahan pelaksanaan UTBK 2020 (Rabu 24/06/2020). Beberapa perubahan tersebut diantaranya :

1. Pelaksanaan UTBK dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2020 sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 20-29 Juli 2020. Disetiap gelombang pelaksanaan tes UTBK hanya dilakukan dua sesi setiap harinya dengan catatan sesi pertama dilaksanakan pukul 09.00-11.15 dan sesi kedua 14.00-16.15 waktu setempat

2. Perubahan jadwal dan tempat tes akan diinformasikan kepada peserta melalui informasi resmi, serta waktu pencetakan ulang Kartu Tanda Peserta akan diinformasikan melalui laman LTMPT dengan melakukan login ke portal.

            Informasi perubahan menjelang tes sangatlah mengejutkan peserta, bagaimana tidak segala persiapan baik dalam latihan mengerjakan soal serta kesehatan fisik. Tapi apa daya, peserta hanya bisa menerima kebijakan tersebut guna membantu pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19.

Peserta diharapkan untuk tidak khawatir berlebihan. Sebab perubahan juga memberi kesempatan lebih untuk mempersiapkan diri dan amunisi kepada peserta yang termasuk gelombang kedua untuk menghadapi tes UTBK 2020.

Berikut tips bagi peserta UTBK dapat mempersiapkan diri mengikuti tes dengan lancar:

1. Latihan soal UTBK

 Untuk melatih kemampuan otak dalam menyelesaikan soal, sangat diperlukan latihan soal yang rutin disetiap harinya. Tidak hanya untuk melatih kemampuan, memahami konsep serta pola setiap soal penting sangatlah perlu guna mampu menyelesaikan tes dengan konsep yang sama. 

2. Ikuti Try Out

Mengikuti Try Out menjadi ajang menguji kemampuan bagi peserta, tidak hanya mengetahui nilai yang didapat, juga membantu peserta dalam membandingkan potensi dengan peserta lainnya. Dimasa pandemic sekarang ini, Try Out bisa dilakukan secara online didukung dengan kemajuan teknologi yang mampu di akses dengan mudah dimana saja.

4. Menjaga kesehatan

Belajar guna mempersiapkan diri sangatlah perlu, tetapi menjaga kesehatan lebih utama. Dimasa pandemi kesehatan sangat dijaga, apalagi bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Maka dari itu, belajar harus dibarengi dengan kesehatan dan stamina yang kuat supaya pada hari tes peserta di izinkan untuk mengikuti tes.


Dimasa pandemi yang tidak pasti kapan berakhir, informasi bisa saja berubah-ubah. Maka dari itu, peserta UTBK diharapkan mampu mencari informasi secara rutin supaya tidak ketinggalan berita yang dapat berakibat fatal pada tes yang akan diikutinya.


Penulis : Rawaty Sagala (Mahasiswa Manajemen USU 2019)


EmoticonEmoticon