Unit Kegiatan Mahasiswa GAMADIKSI USU

BERINOVASI.... Siapa takut...

Pasti semua sudah pada tahu kan tentang inovasi. Nah buat yang pada belum tahu nih, oke saya jelaskan. Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, inovasi adalah : penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Jadi berinovasi adalah kegiatan membuat suatu penemuan baru dan memiliki perbedaan dari sesuatu yang telah ada sebelumnya. Misalnya membuat pisang ijo (makanan khas Makassar ) dengan menambahkan sedikit ramuan seperti vanilla, es dan coklat sehingga didapat rasa baru dari pisang ijo itu sendiri. Atau komputer, yang dulunya tidak bisa dipindah - pindah dan dibawa secara leluasa, sekarang diperkecil dan dibuat ringan (laptop).


Nah, sekarang apa sih manfaat dari berinovasi tersebut ?
Jawabannya, tentu saja banyak sekali, bahkan ampe mau muntah hitungnya :D. Bagi seorang mahasiswa, dengan berinovasi ia dapat menunjukkan kreatifitasnya di bidang yang ia tekuni dan hal itu bisa saja bermanfaat buat kemajuan suatu bangsa dan negaranya, bahkan dunia. Misalnya nih, anak Teknik Sipil (kebetulan saya kuliah di jurusan itu.. :D) berinovasi membuat bahan pengganti semen dengan menggunakan bahan alam dan ramah lingkungan (soalnya ilmuwan sekarang lagi kerja keras buat mengurangi polusi udara yang 10% disumbangkan oleh pembakaran batu kapur dalam pembuatan semen).

Masih takut berinovasi. Jangan takut, coba saja dulu. Kita bisa mencobanya dari hal yang paling kecil. Misalnya kita ambil contoh menghapus papan tulis, biasanya kan ribet tu harus maju kedepan, ambil penghapus, terus bolak - balik jalan buat menghapus tulisan, bahkan harus berjinjit buat menghapus tulisan yang tinggi, kan kasihan buat yang badannya kurang beruntung (piss). Nah, berinovasi aja, apa papan tulis tu ganti pake LCD atau buat robot dengan metode sensor line follower yang diprogram buat bolak - balik menghapus papan tulis.
Berinovasi itu gampang kan..
Hanya, ada tiga syarat buat berinovasi yaitu : GIGIH, SEMANGAT, dan KREATIF


"Orang yang kreatif tidak terlalu membutuhkan alat apapun dalam berkarya. Ia hanya membutuhkan otak dan semngat. Karena otak adalah jiwa mereka dan semangat adalah motivator mereka"



-RS-

1 Comments:

Sipp akhirnya blog kelar juga..
:D


EmoticonEmoticon