Unit Kegiatan Mahasiswa GAMADIKSI USU

Telah Terlaksana Training of Scientific Paper

Telah Terlaksana

Training of  Scientific Paper



Semangat belajar dan ingin tahu selalu membara di setiap diri mahasiswa. Walaupun ditengah pandemi dan pembatasan sosial diberlakukan, keinginan belajar dan menimba ilmu bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui during. Begitu juga dengan pengurus UKM Gamadiksi USU, kegiatan organisasi yang terbatas oleh jarak tidak membatasi kretiviftas para pengurus melanjutkan program kerjanya.

Salah satunya Divisi IPTEK, mengadakan Training Scientific of Paper dengan tema “Membentuk Mahasiswa /I Bidikmisi sebagai Intelektual yang berwawasan dan terampil menulis. Kegiatan ini berlangsung pada 19 September 2020 mengundang Oana Nia Pasaribu,S.Si dan di moderatori oleh Tiara Azahari Hasibuan melalui Zoom Meeting dengan disponsori oleh By.U.

Mahasiswa tidak jauh dari yang dinamakannya karya tulis baik ilmiah maupun fiksi, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana menulis sebuah karya tulis yang baik dan benar. Karya tulis dapat ditemui dibeberapa tugas mahasiswa, bahkan tak sedikit sistem lomba yang menggunakan karya tulis, berupa essay, paper dan karya tulis ilmiah maupun fiksi.

Training Scientific of Paper adalah salah satu program kerja divisi IPTEK Gamadiksi. Menyediakan media belajar kepada mahasiswa/i bidikmisi Universitas Sumatera Utara untuk mengembangkan wawasan dan melatih diri dalam menulis. Kegiatan yang telah terlaksana ini dengan sukses dan mengundang antusias cukup yang tinggi dengan menghadirkan 200 lebih peserta.

Oana Nia Pasaribu,S.Si pemateri yang cukup menarik perhatian saat menjelaskan materinya menjadikan pelatihan tidak membosankan. Pemateri yang cukup memiliki pengalaman dibidang organisasi dan menulis ini memberikan tips dan trik menulis yang mudah dipahami oleh peserta, diantaranya :

 

1. Cara mendapatkan ide

Ide dapat ditemukan dengan melihat lingkungan sekitar serta menganalisis beberapa masalah yang terjadi. Setelah itu, fokus mulai memahami serta mencari solusi dari permasalahan tersebut.

2. Memperkenalkan jenis-jenis karya tulis

Menulis dapat dimulai saat telah menemukan jenis tulisan yang ingin ditulis. Beberapa jenis tulisan yang kerap ditemui mahasiswa adalah sebagai berikut :

a. Karya Tulis Ilmiah (KTI)

b. Essay

c. PKM

3. Tahapan-tahapan menulis karya tulis ilmiah

Tidak hanya memperkenalkan beberapa jenis tulisan, pemateri kece tersebut juga menjelaskan tahapan menulis karya tulis secara detail dan jelas.

Terlaksananya kegiatan ini tidak jauh dari partisipasi Pemateri, Peserta dan Pengurus UKM GAMADIKSI USU yang bergabung didalamnya. Maka dari itu terima kasih disampaikan kepada semua partisipan yang ada. Semoga ilmu yang disampaikan serta dinamika yang dirasakan oleh partisipan memberi pengalaman serta ilmu baru untuk dapat diterapkan.

Terima Kasih !!!

Dari Pengurus UKM GAMADIKSI USU

Sampai Jumpa di Kegiatan Berikutnya




Penulis : Rawaty Sagala (KOMINFO)


EmoticonEmoticon